SEKILAS INFO
: - Senin, 15-07-2024
  • 1 bulan yang lalu / DIBUKA PENDAFTARAN GELOMBANG II : PENERIMAAN MAHASISWA BARU 4 MEI 2024-13 JUNI 2024
Praktikum Profesi Micro BPI Fakultas Dakwah IAIRM Ngabar Ponorogo di Rutan Kelas II Kabupaten Pacitan

Jum`at, 21 Juni 2024, Di Kota 1001 Gua Pacitan, Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Dakwah IAIRM Ngabar Ponorogo. Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) melaksanakan praktikum profesi mikro di Rutan Kelas II B Pacitan. Praktikum profesi mikro ini merupakan bagian dari program Mata Kuliah Konseling & Psikoterapi Islam sekaligus sebagai wijud pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Fakultas Dakwah Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo. yang dilaksanakan selama 1 hari, dimulai dari pelatihan dan pembekalan Mahasiswa tentang konsep-konsep dasar spiritualitas dan konsep Muhasabah diri, hingga penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

     Kegiatan Praktikum meliputi Motivasi,Penyuluhan Dan Pembinaan, Praktikum Profesi Micro Proses Konseling Dan Psikoterapi Islam Tahap 1, Praktikum Profesi Micro Proses Konseling Dan Psikoterapi Islam 2, Gamezoon, dan dimeriahkan dengan Gema Sholawat “RUTAN BERSHOLAWAT” Bersama Seluruh Warga Binaan.
Adapaun Praktikum ini bertujuan untuk mengembangkan spiritualitas dan meningkatkan Kesadaran diri warga binaan dengan mengusung tema “Konsep pengelolaan spiritualitas dan meningkatkan kesadaran diri menuju perubahan positif”.
Harapan dari praktikum ini, warga binaan di lingkungan Rutan Kelas II-B Pacitan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya spiritualitas dan kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai tantangan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, praktikum ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung pembinaan dan rehabilitasi para warga binaan Rutan Kelas II-B Pacitan.Kehadiran Mahasiswa Betul-Betul di sambut dengan Hangat Oleh Jajaran Pejabat Struktural Rutan Kelas II-B Pacitan, kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Pacitan Bapak DEWANTO, A.Md.IP., S.Sos Dan Kasubsi Pelayanan Tahanan Bapak NURKHOLIS, S.H.
Ungkap Karutan dalam sambutannya: ”Rutan Kelas II-B Pacitan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal penyediaan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai dan siap melayani, Berlaku adil dalam memberikan pelayanan dan mengedepankan Hak Asasi Manusia adalah hal prioritas yang terus dilakukan”
Kepala Rutan Kelas II-B Pacitan, Bapak DEWANTO, A.Md.IP., S.Sos dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Mahasiwa Dan warga binaan yang telah menjalankan Kegiatan Konseling Dan Psikoterapi Islam dengan tertib dan khusyuk. Beliau juga menekankan bahwa momen ini merupakan kesempatan bagi setiap warga binaan untuk merenungkan kesalahan masa lalu dan bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

     Harapan yang di setujui oleh Ka. Rutan Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan hingga sampai Pada MoU, yang mampu memberikan manfaat kedua belah pihak. Sehingga visi dan misi dan program-program bisa berjalan beriringan antara pemberi manfaan dan penerima manfaat. Aamiin.
Suasana pagi betul-betul terasa khidmat dan penuh kebersamaan terpancar di lapangan terbuka Rutan Pacitan, menciptakan momen spiritual yang mendalam bagi semua warga binaan dan Petugas yang hadir. Acara dimulai dengan Sholawat Bersama Group shalawat “Ziya Faziya” dari Ma’had Kholid bin Walid Putri MAN PACITAN yang menggema di seluruh area Rutan Kelas II-B Pacitan, diikuti Seluruh Jajaran Pejabat Struktural, pegawai staf, Bersama seluruh mahasiswa, santri Ma`had Kholid Bin Walid MAN Pacitan dan seluruh warga Binaan sejumlah 106 Orang.
Pesan-pesan moral dan spiritual ini disampaikan dengan penuh makna, mengajak warga binaan untuk merenung dan memperbaiki diri. Hingga muncul tangisan ketenangan hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Lanjut Ka.Rutan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mahasiswa Fak. Dakwah IAIRM Ngabar Ponorogo yang telah mengadakan kegiatan konseling dan Psikoterapi islam secara maksimal sehingga dapat memberikan motovasi menggugah para Warga Rutan untuk mengembangkan spiritualitas dan meningkatkan Kesadaran diri menuju perubahan positif”. Semoga kegiatan ini membawa Rahmat keberkahan dan Hidayah dari Allah SWT untuk kita semua.

Data Kampus

IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 3140309
FAX (0352) 3140309
EMAIL humas@iairm-ngabar.ac.id