SEKILAS INFO
: - Senin, 29-11-2021
  • 2 bulan yang lalu / Bagi Mahasiswa IAIRM segera mengakses Siakad karena semua data akademik sekarang melalui Siakad
Fokus di Sistem Perbankan Syari'ah, Mahasiswa Prodi HES Fakultas Syari'ah Laksankan Praktek Kerja Mu'ammalah (PKM)

Perguruan Tinggi keagamaan secara teoritik memiliki keunggulan dalam mengembangkan wawasan interdependentif dalam artian, mampu mengkorelasikan persoalan-persoalan kehidupan yang profan dan selanjutnya mentransformasikan dalam tradisi religius yang kondusif, sehingga kehidupan individu dan masyarakat menjadi lebih beragama, bermoral dan secara psykhis lebih terjamin situasi mentalnya dan  menjadikan hidupnya  lebih bermakna.

Konsekwensi dari situasi di atas, Perguruan Tinggi Agama, terutama swasta, diharapkan mampu mengandalkan kemampuan lokal, dan membangun permberdayaan dalam perspektif untuk membangun jaringan dengan berbagai pihak yang memungkinkan punya kepedulian terhadap usaha-usaha tranformatif  tersebut. Alasan lain dari Perguruan Tinggi Islam swasta selanjutnya agar dapat menjadi soko guru bagi tercapainya lingkungan sosial yang lebih bernuansa Islam. Tujuan, misi dan harapan tersebut sulit akan terwujud bila mahasiswa dan mahasiswi tidak dibekali dalam praktikum yang memadai. Dengan demikian sesuai dengan jurusan Fakultas Syari’ah pada bidang Hukum Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo (IAIRM) yang menitiktekankan pada pengembangan Pendidikan Keagamaan dan menejemen /administrasi dibutuhkan praktikum tentang hal tersebut pada lembaga-lembaga keuangan/ekonomi sosial. Namun karena konsentrasinya lebih mengarah pada upaya Sistem perbankan syari’ah serta menejemennya, maka praktikum harus dilakukan pada lembaga perbankan Islam yang relatif memiliki sistem perbankan dan menejemen keuangan yang memadai. Karena itu, indikator  dari realitas tersebut adalah praktikum dilakukan di bank-bank yang ada di wilayah Jawa Timur.

Pada tahun ini,mahasiswa Fakultas Syari’ah Prodi HES akan melaksanakan PKM di Lembaga Keuangan Syari’ah, yakni PT. BPRS SYAR’IAH AL-MABRUR PONOROGO, BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN PONOROGO (BAZNAS), BMT NGABAR, KSPPS BMT HASANAH TAMANSARI SAMBIT, KSPPS BMT BERINGHARJO PONOROGO dan PT. BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO.

Praktek-Praktek Kerja Mu’amalat (PKM) dilaksanakan mulai tanggal 29 November s.d 11 Desember 2021. dan diikuti oleh 26 mahasiswa HES semester  lima (V) yang telah memenuhi  persyaratan yang telah ditentukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAI Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 314309
FAX (0352) 314309
EMAIL iairm_ngabar@yahoo.com