SEKILAS INFO
: - Jumat, 30-09-2022
  • 4 bulan yang lalu / DI UMUMKAN KEPADA SELURUH MAHASISWA IAIRM AGAR MERUBAH FOTO PROFIL SIAKAD SESUAI KETENTUAN…..TERIMAKASIH
  • 7 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022-2023 Dibuka Mulai Hari Selasa Tanggal 01 Maret 2022 – Gelombang I : Tanggal 01 Maret – 21 April 2022 – Tes Tulis & Wawancara : 23 & 24 April 2022- Pengumuman Hasil Tes : 26 April 2022
  • 1 tahun yang lalu / Bagi Mahasiswa IAIRM segera mengakses Siakad karena semua data akademik sekarang melalui Siakad
Penandatangan Perjanjian Kerjasama dan Kunjungan Akademik Fakultas Syariah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar dengan Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor Ponorogo.

Pada tanggal 15 Juni 2022, Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar bersama dengan Dekan Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor menandatangi perjanjian kerjasama dalam lingkup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bertempat di gedung maskas shiroh lantai 2 Unida Gontor. Turut hadir mendampingi dan menyaksikan kegiatan penandatangan tersebut adalah wakil dekan I dan 3 Unida Gontor, kaprodi HES dan PM Unida Gontor, kaprodi HES dan kaprodi HKI IAIRM Ngabar. Perjanjian kerjasama yang sudah disepakati itu merupakan induk atau payung dari perjanjian kerjasama yang disusun secara tersendiri untuk setiap bidang kerjasama yang akan dilaksanakan dan atau ditindaklanjut oleh program Fakultas Syariah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar dan Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor. Pada pelaksanaan nota kesepahaman dan kerjasama yang telah ditandatangani tersebut akan menjadi komitmen untuk ditindaklanjuti secara nyata pada kedua pihak, khususnya kedua Fakultas, untuk memajukan lembaga masing-masing.

Setelah penandatangan ini dilakukan, acara dilanjukan dengan kegiatan kajian ilmiah tentang ilmu waris yang bekerja sama dengan CMS (Centre for Mawarist Studies) Universitas Darussalam Gontor. Ilmu Faraidh dewasa ini menjadi ilmu yang dilupakan oleh sebagian masyarakat, padahal keberadaannya pasti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada pemenuhan hak-hak para ahli waris. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ilmu faraidh ini mengakibatkan banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.

Rasulullah ﷺ menganjurkan mempelajari ilmu faraidh dan nabi bersabda: “Belajarlah kamu ilmu faraidh dan ajarkanlah olehmu tentang ilmu faraidh. Karena sesungguhnya ilmu faraidh itu ibarat separuh dari ilmu. Ilmu faraidh adalah ilmu yang pertama-tama dilupakan dan ilmu yang pertama-tama diangkat dari umatku. (Kasyful Ghummah, hlm. 31, jilid 2).Kegiatan ini merupakan wujud tindak lanjut perjanjian kerjasama yang disepakati oleh Fakultas Syariah IAIRM dengan Fakultas Syari’ah Unida. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai langkah awal mencetak kader yang mahir dalam ilmu mawaris.

Data Kampus

IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 314309
FAX (0352) 314309
EMAIL iairm_ngabar@yahoo.com