SEKILAS INFO
: - Jumat, 13-09-2024
  • 3 bulan yang lalu / DIBUKA PENDAFTARAN GELOMBANG II : PENERIMAAN MAHASISWA BARU 4 MEI 2024-13 JUNI 2024
SEMINAR PENDIDIKAN SENAT FAKULTAS TARBIYAH

SEMINAR PENDIDIKAN SENAT FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR, PONOROGO

A. LATAR BELAKANG
Belajar adalaha proses perubahan tingkah laku yang berupa pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Proses belajar persifat indivudual dan kontekstual artinya proses belajar terjadi dalam individu sesuai perkembangan dan lingkungannya. Pembelajarn pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antara anak dengan lingkungannya baik antara anak dengan anak, anak dengan sumber belajar maupun akan dnegan pendidik. Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermaka bagi anak jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi anak.
David Ausubel (1963) mengklasifikasikan belajar dalam dua dimensi. Yang pertama, menyangkut cara penyajian materi yang diterima oleh peserta didik. Melalui dimensi ini peserta didik memperoleh materi atau informasi melalui penerimaan dan penemuan. Maksudnya peserta didik dapat mengasimilasi informasi atau materi dengan penerimaan atau penemuan. Dimensi kedua, menyangkut cara bagaimana peserta didik dapat mengaitkan informasi yang telah ada. Jika peserta didik hanya mencoba-coba mengahafalkan informasi atau materi baru tanpa menghubungkan dengan konsep-konsep atau hal lain yang ada dalam struktur kognitifnya, maka terjadilah yang disebut dengan belajar hafalan. Sebaliknya, jika peserta didik menghubungkan dengan konsep-konsep atau hal lain yang ada dalam struktur kognitifnya, maka terjadilah yang disebut dengan belajar bermakna.
Dengan kata lain belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus kreatif dalam memilih atau menggunakan strateri dan media pembalajaran di kelas yang memungkinkan terciptanya pembelajaran yang bermakna.
Dengan demikian Seminar ini mengangkat tema “MEANINGFUL TEACHING DAN UNMEANINGFUL TEACHING”
B. DASAR HUKUM
1. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi
3. UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen

C. TUJUAN
1. Memberikan motovasi bagi pendidikan agar dapat pengembangkan potensi peserta kognitif siswa melalui proses belajar yang bermakna.
2. Meningkatkan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya asimilasi pengalaman kedalam konsep atau pengertian yang sudah dimilikinya
3. Memberikan pemahaman mengenai pengajaran yang bermakna dan pengajaran yang tidak bermakna
4. Memberikan motivasi kepada pendidik agar mampu meningkatkan kreativitasnya dalam memilih atau menggunakan strategi dan model pembelajaran
D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Senin, 24 Februari 2020
Waktu : Pukul 13.00 WIB s/d selesai
Tempat : Gd. NBC Lt.3
E. PESERTA
1. Mahasiswa IAIRM
2. Dosen IAIRM
3. Umum
F. PEMATERI

Pemateri berasal dari :
1. Pimpinan Pondok Pesantren AL-KAMAL, Kebumen, Jawa Tengah: Dr. Azam Syukur Rahmatullah, S.H.I.,M.SI.,M.A.
2. Kaprodi Fakultas Tarbiyah IAIRM: Irfan Jauhari, S.Pd.,M.Pd.I
G. MATERI
Materi yang akan disampaikan dalam seminar mengacu pada tema seminar “Good Teaching For Good Learning”

H. DANA KEGIATAN
Kegiatan seminar ini membutuhkan dana sebesar (terbilang: ) yang berasal dari:
1.Pendaftaran peserta seminar
2.Sumber dana yang sah, halal dan tidak mengikat

Dengan Rincian Sebagai Berikut:
Lampiran (I)

I. KEPANITIAAN
Penasehat : Dra. Hj. Ummi Mahmudah (Rektor IAI-RM)
: Drs. H. Abdul Manaf (Wakil Rektor III IAI-RM)
: Drs. H. Alwi Mudhofar, M.PdI (Dekan Fak. Tarbiyah)
Pembimbing : Irfan Jauhari, M. PdI (Ka. Prodi Fak. Tarbiyah)
Penanggung jawab : Ketua Umum Senat Fak. Tarbiyah
Steering Comitte : Badan Formatur Senat Fak. Tarbiyah
Ketua I
Ketua II
Sekretaris I
Sekretaris II
Bendahara I
Bendahara II : Eko Julianto
: Mahmud Latiful Aziz
: Sri Karyani
: Suprapty
: Srianti Roselina Dewi
: Hilmatun Mukhafadzoh

Organizing committe :
Ketua
Sekretaris
Bendahara I Bendahara II : Mahmud Latiful Aziz
: Friska Aefia
: Devi Diah Riska Rahmawati
: Pitria Budiyanti

Seksi-seksi :
Kegiatan Ilhami Nurisfa Pratami Dekdok Alwi Fauzi
Farida Lestari Ayunda Ainun Fitri
Silvia Agustina Fidella Alivia
Sumiatin Riky Aldiansyah
KrismonikaMeijurdila

Konsumsi Halimatu Bariyah
Puput Prabawati Perlengkapan Muhammad Algi Aprilian
Uswatun Khasanah Fitra Zuhrotul Luqmi
Hena Haidaroh Dedi Wahyudi
Sri Utami Khotimatussa’adah
Shofina Eka Damayanti
Humas Ahsin Hidayatulloh
Ahmad Munib
Teguh Santoso
Siti Saodah
Evi Kumala Sari
Uswatun Hasanah

J. JADWAL SEMINAR
Waktu Kegiatan Petugas pelaksana
13.00-13.30 Tampilan Pra acara Rizka
13.30- 14.00 Pembukaan Mc (Santi)
Pembacaan ayat suci Alqur’an
Lagu Indonesia Raya
Mars IAIRM Epatul H

Videla
Sambutan ketua panitia Mahmud latiful aziz
Sambutan rektor Ibu Dra. Hj. Ummi Mahmudah, M. Ag
Doa Dr.H.Moh Suyudi, M.Ag
Penutup Mc
14.00-15.00 Uraian pemateri 1 Dr. Azzam Syukur Rahmatullah, S.H.I., M.SI., M.A
15.00-16.00 Uraian pemateri 2 Irfan Jauhari, M. Pd.I
16.00-16.30 ● Sesi tanya jawab
● Pemberian cindera mata
● Penutup Imam Mursyid

K. PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, dengan harapan dapat dijadikan pertimbangan banyak pihak untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan seminar pendidikan tersebut.
Ngabar, 05 Februari 2020

Mahmud Latiful Aziz
Ketua Panitia
Friska Aefia
Sekretaris Panitia
Mengetahui,
Eko Julianto
Ketua Senat Fak. Tarbiyah
IAIRM Ngabar Ponorogo

Favo Desega
Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA)
IAIRM Ngabar Ponorogo
Menyetujui,

Drs. H. Alwi Mudhofar, M.PdI
Dekan Fak. Tarbiyah
IAIRM Ngabar, Ponorogo

Drs. H. Abdul Manaf
Wakil Rektor III
IAIRM Ngabar, Ponorogo

Data Kampus

IAI. Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 3140309
FAX (0352) 3140309
EMAIL humas@iairm-ngabar.ac.id