SEKILAS INFO
: - Kamis, 22-10-2020
  • 8 bulan yang lalu / Seminar Pendidikan Senat Fakultas Tarbiyah, Yang akan dilaksanakan besuk pada hari Senin Tanggal 24 Pebruari 2020 pukul 13,00 WIB yang bertempat di NBC Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo
  • 1 tahun yang lalu / Pada hari senin tanggal, 24 Februari 2020 pkl 13.00 s.d selesai di Gedung NBC Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo
SEMINAR BUMDes PEMBINAAN TEKNIS PENGELOLAAN BUMDES  SE-KABUPATEN PONOROGO  DAN PENANDA TANGANAN MOU BERSAMA DENGAN KEPALA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KABUPATEN PONOROGO

Desa merupakan salah satu elemen penting yang memiliki peran dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat desa, desa memiliki sebuat Unit Usaha yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang artinya BUMDes ini memiliki peranan yang tidak bisa diremehkan dalam membantu desa menyediakan kebutuhan masyarakatnya. Pengelolaan BUMDes yang baik akan sangat membantu kesejahteraan masyarakat.
Unit Usaha Swasta lebih mendominasi dalam pasar barang kebutuhan masyarakat sehingga hanya segelintir masyarakat yang menikmati hasilnya, jika BUMDes dapat mendominasi pasar tersebut akan sangat membantu pendapatan desa yang manfaatnya akan langsung dapat dinikmati masyarakat desa melalui infrastruktur, sarana dan prasarana desa yang memadai.
BUMDes juga merupakan salah satu sumber pendapatan desa. Jika pengelolaan BUMDes baik maka akan baik pula pendapatan desa yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu infrastruktur desa sehingga sarana prasarana desa akan terbantu dan dampaknya akan langsung dirasakan masyarakat.
Disisi lain Ada beragam masalah yang membuat ribuan BUMDes belum tumbuh sebagaimana harapan. Pertama, karena Kurangnya wacana BUMDes bagi banyak desa baru terutama sejak disahkannya UU Desa No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kedua, selama bertahun-tahun desa adalah struktur pemerintahan yang berjalan atas dasar instruksi dari lembaga di atasnya. Hampir semua yang diurus Kepala Desa dan pasukan perangkatnya berpusat pada masalah administrasi.
Berangkat dari pemikiran tersebut, dipandang perlu adanya pembinaan terhadap pengelola BUMDes tentang pengelolaan BUMDes yang baik sehingga dapat menempati perannya dengan efektif dan maksimal.

Badan Usaha Milik Desa adalah salah satu penunjang perekonomian desa, manajemen BUMDes yang baik mencerminkan pengelolaan perekomonian desa yang baik pula. Kegiatan ini dicanangkan untuk membentuk SDM Pengelola BUMDes yang professional sehingga BUMDes dapat membantu menunjang perekonomian desa di Ponorogo.
Berangkat dari pemikiran tersebut, kami berencana mengadakan sebuah kegiatan pelatihan pengelolaan BUMDes untuk pengelola-pengelola BUMDes se-Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk seminar sekali tatap muka dengan materi manajemen BUMDes disertai contoh dari BUMDes Ngabar “Arum Dalu”, dilaksanakan dengan interaktif antara pemateri dan peserta sehingga peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini dengan maksimal serta sesi Tanya-jawab dan atau problem solving diakhir kegiatan.

Kegiatan ini tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu kami bermaksud untuk memohon bantuan dana untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Bersama proposal ini kami lampirkan deskripsi kegiatan beserta rencana pembiayaannya.

Dalam Acara Seminar Ini Juga Akan Dilaksanakan Penanda Tanganan Kerja Sama Bersama Antara Fakultas Syari`ah Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin Ngabar Dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ponorogo dengan bentuk kegiatan kerja sama adalah: melaksanakan Kegiatan Akademis bertemakan Pendampingan dan Pengembangan BUMDes yang dijalankan oleh Dosen atau Mahasiswa berupa Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata, Magang Mahasiswa, Program Kreativitas Mahasiswa dan kegiatan akademis lainnya

Video Terbaru

HTML

Data Kampus

IAI. Riyadlatul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 311785
FAX (0352) 311785
EMAIL iairm_ngabar@yahoo.com