SEKILAS INFO
: - Jumat, 02-10-2020
  • 7 bulan yang lalu / Seminar Pendidikan Senat Fakultas Tarbiyah, Yang akan dilaksanakan besuk pada hari Senin Tanggal 24 Pebruari 2020 pukul 13,00 WIB yang bertempat di NBC Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo
  • 11 bulan yang lalu / Pada hari senin tanggal, 24 Februari 2020 pkl 13.00 s.d selesai di Gedung NBC Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo

PIDATO REKTOR
INSTITUT AGAMA ISLAM RIYADLOTUL MUJAHIDIN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak Bupati/Wakil Bupati Ponorogo beserta Muspida
Yth. Ketua Kopertais Wilayah IV Surabaya beserta rombongan
Yth. Bapak-bapak Pimpinan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar
Yth. Para Anggota Senat IAIRM Ngabar
Yth. Para Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Ponorogo
Yth. Para Dosen dan Karyawan IAIRM Ngabar
Yth. Para undangan dan para wisudawan beserta keluarga yang berbahagia serta para mahasiswa dan santri yang kami cintai.

Pertama; Dengan rasa syukur alhamdulillah Rektor Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar mengucapkan selamat datang dan ahlan wasahlan bihudlurikum kepada seluruh undangan dan hadirin atas perhatian dan kehadirannya pada acara wisuda sarjana strata satu (S.1) ke-26 tahun 2020 ini.
Kedua; Kami selaku Rektor IAIRM mengucapkan banyak terima kasih kepada para wali wisudawan/wati yang telah mempercayakan putra dan putrinya kepada kami untuk dididik, dibina dan diarahkan selama kurang lebih 4 tahun untuk menjadi manusia yang memiliki kapabilitas akademik, memiliki jiwa penelitian demi kemajuan bangsa dan berjiwa pengabdian kepada masyarakat sekitarnya.
Ketiga; Mulai hari ini Kami selaku Rektor IAIRM dengan tangan terbuka dan hati yang tulus ikhlas mengembalikan putra-putri kami ke pangkuan bapak/ibu sekalian di tengah keluarga serta masyarakat, dengan harapan semoga semua ilmu pengetahuan yang diterima selama di IAIRM ini bermanfaat, dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat serta mendapat barakah dan ridla dari Allah SWT.
Keempat; Pada hari ini Kami ucapkan selamat dan sukses atas diwisudanya para wisudawan IAIRM ke-26. Hari ini merupakan hari yang berbahagia bagi wisudawan sekalian, karena setelah sekian lama mendapatkan pendidikan dan pengalaman di kampus yang tercinta ini. Dengan ikhlas kami menyampaikan permohonan maaf jika dalam memberikan pelayanan dalam bidang akademik ataupun ko-kurikuler kepada saudara sekalian kurang memuaskan, itu semua bukan karena kesengajaan kami.
Kelima; Perlu kami sampaikan pula, bahwa sesuai dengan tuntutan perubahan akan kebutuhan publik dalam ilmu syariah, maka Program Studi Muamalah telah mengalami perubahan nama yaitu menjadi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Dengan diterbitkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7261 Tahun 2019.

Wisudawan wisudawati yang berbahagia
Pada hari ini saudara sekalian akan diwisuda dan sudah resmi menjadi Sarjana Strata Satu (S.1). Ini berarti jalan yang luas dan panjang sudah ada di hadapan anda, masyarakat, agama, nusa dan bangsa sudah menanti uluran tangan terampil anda sekalian. Curahkanlah segenap kemampuan saudara untuk mewarnai kehidupan yang ada ini. Bersikaplah optimis dalam menghadapi riuhnya kehidupan. Kemampuan anda di bidang pendidikan, hukum, mu’amalat dan konseling sangat diperlukan oleh masyarakat, baik di bidang pendidikan, ekonomi, pengadilan dan konseling.

Hadirin dan para undangan yang berbahagia
Perguruan Tinggi ini telah menjalankan fungsinya sebagai mesin Perguruan Tinggi Islami yang bercirikan pesantren modern dengan mengarahkan kepada visi-visinya yaitu: Mewujudkan santrinya/mahasiswa yang berjiwa mandiri, taqwa kepada Allah, beramal sholeh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas dan cinta tanah air serta sadar akan kesejahteraan bangsanya, yang semuanya dijiwai dengan Panca Jiwa Pondok Pesantren.
Adapun misinya yaitu: Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran yang unggul bercirikan pesantren serta melakukan pendidikan ko-kurikuler dalam bentuk seminar, workshop, diskusi mahasiswa/dosen, bedah buku dan praktek kerja lapangan.
Diantara misi tersebut dapat diimplementasikan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu:
1. Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 25 April s.d 25 Mei 2019 di Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.
2. Praktek Pendidikan Lapangan (PPL)/Magang II. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah pada tanggal 23 September s.d 22 Oktober 2019 di MTsN 4 Ponorogo dan MTsN 6 Ponorogo kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa smt. 07.
3. Praktek Kerja Mu’amalah (PKM). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Syari’ah pada tanggal 22 September s.d 05 Oktober 2019 di KSPPS Nururrohmah Al-Barokah PP. Al-Kamal Gombong Jawa Tengah.
4. Dan lain-lain kegiatan yang tidak kami sebutkan satu persatu di mimbar ini.

Hadirin dan para undangan yang berbahagia
Transformasi keilmuan kepada para mahasiswa dilakukan berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan beberapa indikasi jaminan kompetensi para dosen :
1. Unggul dalam bahasa Arab dan Inggris bagi para mahasiswanya.
2. Peningkatan SDM para dosen terus berusaha meningkatkan strata pendidikannya dari S.2 atau S.3 dan dengan diskusi serta pelatihan-pelatihan, workshop guna meningkatkan ketrampilannya di bidang metodologi pengajaran dan penelitiannya.
3. Diterimanya penelitian para dosen IAIRM, yaitu Bpk M. Nurois Amin, M.Pd.I., Bpk. Fatakhul Huda, M.Pd.I., di Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI Jakarta.
4. Penerbitan jurnal oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) IAIRM bernama Ngabari: Jurnal Studi Islam dan Sosial. ISSN : 1907-3488 (Print) dan ISSN: 2548-978X (Online). Jurnal ini memuat artikel-artikel tentang ilmu-ilmu keislaman dan artikel-artikel bidang sosial yang ada kaitannya dengan kajian keislaman, baik berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Begitulah peran serta dan kontribusi IAIRM ini dalam membangun bangsa dan negara ini serta mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Hal ini sudah kami lakukan selama 29 tahun atau sejak berdirinya pada tanggal 21 Juli 1988. Dalam kurun waktu tersebut kami sudah melaksanakan wisuda sarjana S.1 sebanyak 26 kali, menelurkan alumni/sarjana berjumlah 2095 orang sarjana dan mengalami pergantian Rektor/Pimpinan sebanyak 4 kali.
Demikianlah, atas nama Senat dan seluruh civitas akademika, Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran, kesabaran dan perhatian para hadirin yang telah mengikuti rangkaian acara wisuda ini dari awal sampai akhir dengan tertib dan khidmat. Semoga kehadiran bapak/ibu/sdr merupakan amal shalih yang mendapat pahala dan barakah dari Allah SWT. Amin

Wabillahittaufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ngabar, 01 Pebruari 2020
Rektor IAIRM,

Ttd

Dra. Hj. UMMI MAHMUDAH, M.Ag.

Video Terbaru

HTML

Data Kampus

IAI. Riyadlatul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 311785
FAX (0352) 311785
EMAIL iairm_ngabar@yahoo.com