SEKILAS INFO
: - Sabtu, 16-11-2019
  • 3 minggu yang lalu / Pada tanggal, 27 oktober 2019 pkl 08.30 s.d selesai di kampus iairm akan ada kegiatan kunjungan Mahasiswa dari  Malaysia. UTHM
  • 3 minggu yang lalu / Pada tanggal, 27 oktober 2019 pkl 08.30 s.d selesai di kampus iairm akan ada kegiatan kunjungan Mahasiswa dari  Malaysia. UTHM

1. FAKULTAS TARBIYAH

Prodi: Pendidikan Agama Islam (PAI)

Visi Terwujudnya Sarjana Pendidikan Islam yang profesional, kompeten, dan berkewenangan sebagai guru Pendidikan Agama Islam

MISI

  1. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki keluasan ilmu dan kematangan profesional sebagai guru pendidikan dasar dan menengah serta memiliki jiwa yang berwawasan regional, nasional dan global yang dilandasi oleh spirit ajaran dan nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan mahasiswa yang menguasai keterampilan berbahasa dan penguasaan serta pemanfaatan teknologi informasi
  3. Mengantarkan mahasiswa memiliki keluasan ilmu dan kematangan profesional sebagai guru, serta memiliki jiwa yang berwawasan regional, nasional dan global yang dilandasi oleh spirit ajaran dan nilai-nilai Islam.
  4. Mengantarkan penguasaan keterampilan berbahasa, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi.
  5. Mengantarkan mahasiswa menjadi kader ulama yang mampu memimpin dan menggerakkan kehidupan dengan nilai-nilai Islam di Masyarakat.
  6. Mengantarkan mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.

TUJUAN

Tujuan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) Ngabar Ponorogo sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan/pengajaran yang bermutu dalam rangka pembentukan tenaga pendidik profesional Pendidikan Agama Islam di pendidikan dasar dan menengah baik negeri maupun swasta
  2. Menguasai teori-teori Pendidikan Islam, implementasi/praktek maupun pengembangan baik di lembaga-lembaga Pendidikan Islam maupun pada lembaga Pendidikan umum.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah

STRATEGI

  1. Terselenggaranya kegiatan perkuliahan yang berkualitas yang mencakup proses, isi, sarana prasarana, sumber belajar, evaluasi pembelajaran, serta program tindak lanjut.
  2. Terselenggaranya kegiatan bimbingan dan pendampingan mahasiswa mencakup proses pembelajaran dan hasilnya, penulisan karya ilmiah, dan tugas akhir, karier, dan kepribadian mahasiswa.
  3. Meningkatnya kualitas dan karier dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan perkuliahan.
  4. Terselenggaranya pelayanan prima baik ke dalam maupun keluar.
  5. Terjaminnya ketepatan waktu studi mahasiswa antara 8 (delapan) semester sampai dengan 14 (empatbelas) semester.
  6. Meningkatnya kualitas out put mahasiswa, baik dari sisi hard skill maupun soft skill.
  7. Terbangunnya jaringan kerja sama (networking) antara Program Studi dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah, alumni, maupun lembaga-lembaga yang relevan dengan Program Studi, baik dalam negeri maupun luar negeri

PROGRAM UNGGULAN TAHUN DEPAN :

  1. Membentuk mahasiswa yang mandiri dan berbasis wirausaha
    1. Membentuk team peneliti yang terdiri dari unsur dosen
    1. Menerbitkan Jurnal Fakultas Tarbiyah
    1. Mengintensifkan kegiatan Baksos
    1. Membentuk team peneliti dari unsur mahasiswa
    1. Menyelenggarakan pelatihan bahasa arab *
    1. Menyelenggarakan majlis kajian kitab kuning *

*). Di masuk kan untuk kepentingan SKPI

PERSONALIA DAN JOBDISCRIPTION

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

I. PERSONALIA

Dekan                         : Drs. H. ALWI MUDLOFAR, M.PdI.

PembantuDekan        : Hj. DARUL LAILATUL QOMARIYAH, M.Ag.

Ketua Prodi                : IRFAN JAUHARI, M.PdI

Kepala Tata Usaha    : WARDATUL UMMAH, M.PdI.

Staf  Tata Usaha        : YUNI KURNIAWATI, M.Pd.I

Dosen tetap Fak. Tarbiyah

  1. Nurul Muttaqin, M.PdI
  2. Wardatul Ummah, M.PdI
  3. Nia Yuniasari, M.PdI
  4. Siti Musyarofah, M.Fil.I
  5. Imam Rohani, M.PdI
  6. Ririn Nurarini, M.Pd

Bidang Pendidikan :

  1. Nurul Muttaqin, M.PdI
  2. Imam Rohani, M.PdI

Bidang Pengabdian kepada Masyarakat :

  1. Nia Yuniasari, M.PdI
  2. Nia Yuniasari, M.PdI

Bidang Penelitian :

  1. Siti Musyarofah, M.Fil.I
  2. Wardatul Ummah, M.PdI

2. FAKULTAS SYARI`AH

Prodi: Mu`amalah

VISI: “Terwujudnya Program Studi Muamalah yang professional, unggul, dan kompetitif dalam bidang Hukum Bisnis Islam.

MISI

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan pesantren
  2. Mengembangkan ilmu hukum Islam dan ilmu pengetahuan
  3. Melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi secara efektif dan efisien

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu hukum ekonomi syariah yang mengintegrasikan kemantapan aqidah, kedalaman spritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu Hukum Ekonomi Syariah yang bermanfaat bagi masyarakat berlandaskan pada kemantapan aqidah, kedalaman spritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermutu berlandaskan kemantapan aqidah, kedalaman spritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional

Mengembangkan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah melalui kerja sama yang saling menguntungkan baik dalam skala lokal, nasional, dan internasional dalam pengembangan hukum ekonomi syariah. (Networking)

     Berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, misi tersebut merupakan perwujudan dari dharma pendidikan, pengajaran dan penelitian yang berkualitas dengan memperhatikan paradigma baru pendidikan. Adapun ditinjau dari dharma pengabdian pada masyarakat, maka diharapkan lulusan fakultas Syari’ah harus mampu memimpin dan menggerakkan kehidupan di masyarakat sebagai wujud pengabdian fakultas Syari’ah  kepada masyarakat. Bentuk pengabdian ini tidak lepas dari bidang pendidikan, sehingga kerja sama yang dilakukan terkait dengan lembaga pendidikan juga seperti sekolah, madrasah dan pesantren serta lembaga-lembaga terkait seperti Pengadilan Agama, KAU, bank Syari’ah (lembaga ekonomi Islam).  Adapun dharma penelitian ditunjukkan oleh pengembangan ilmu hukum Islam, teknologi dan seni berbasis penelitian secara intensif, komprehensif, serta berkelanjutan seiring dengan tantangan dan perubahan jaman.

  • TUJUAN

Tujuan Fakultas Syari’ah IAIRM Ngabar Ponorogo Jawa Timur sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam (SHI.) yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spritual, keluasan ilmu , dan kematangan profesional.
  2. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang mampu dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan Hukum Islam yang berkembang  di masyarakat serta memiliki sikap proaktif dan terbuka dalam melakukan pembaruan hukum ekonomi syariah.
  3. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan hukum ekonomi syariah.
  4. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang dapat mengawal dan mengembangkan bisnis syariah agar tetap berada dalam garis hukum syariah.
  5. Menghasilkan praktisi dalam bidang hukum dan ekonomi syariah yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
  • RENCANA STRATEGI STRATEGIS

Terlampir

  • Langkah Taktis Operasional

Adapun Langkah Taktis Operasionalnya pada tahun 2019 harus melakukan langkah-langkah, yaitu:

  1. Memberikan motivasi kepada para dosen untuk melakukan kegiatan penelitian, baik yang dibiayai oleh Yayasan Perguruan Tinggi Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo maupun biaya mandiri.
  2. Mewajibkan seluruh dosen untuk menyiapkan silabus, SAP, dan bahan ajar, serta mencatat proses perkuliahan melalui jurnal perkuliahan.
  3. Memanfaatkan layanan SMS Center Institut, melalui sistem otomatisasi untuk mengingatkan para pengajar tentang Jadwal mengajar dosen yang bersangkutan.
  4. Mengoptimalkan fungsi dosen wali Studi; menerbitkan buku panduan dosen wali studi.
  5. Membangun budaya mutu pelayanan di lingkungan dosen dan tenaga kependidikan melalui Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan.
  6. Membangun budaya ilmiah di lingkungan dosen melalui diskusi berkala.
  7. Meningkatkan bimbingan dan monitoring studi mahasiswa melalui Dosen Wali Studi, pencermatan perkembangan studi mahasiswa.
  8. Melengkapi fasilitas, sarana prasarana dan sumber belajar (LCD di sebagian ruang kelas, buku-buku, jurnal).
  9. Membangun kerja sama antara fakultas dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah dan swasta, alumni, dan lembaga yang relevan dengan fakultas.
  10. Mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal ilmiah, baik dalam maupun luar institusi, serta melalui forum ilmiah baik seminar, workshop, maupun lokakarya.
  11. Mengadakan workshop peningkatan kualitas dosen.
  12. Mengadakan pelatihan IT kepada mahasiswa, baik melalui praktikum maupun event-event lainnya.
  13. Menciptakan budaya akademik dan ilmiah di lingkungan mahasiswa dengan mengadakan kajian/diskusi kelompok mahasiswa di luar jam perkuliahan.

F. PROGRAM UNGGULAN TAHUN 2019/2020

1. Mendirikan Mini Bank Syariah

2. Menerbitkan Jurnal “Qanuniya Iqtishadiya” yang terbit sekali tiap semester

3. Menjadikan TOEFL dan TOAFL sebagai syarat Lulus Sarjana S-1 Prodi HES (Muamalat)

4. Menjalin Kerjasama dengan PTN, PTS, PTKIN, PTKIS, Lembaga Pemerintah dan Lembaga Non Pemerintah baik dalam negeri, maupun luar negeri.

PERSONALIA DAN JOB DISCRIPTION

PROGRAM  STUDI  MU’AMALAT

I. PERSONALIA

Dekan                                      : H. DARUL MA’ARIF,  MSI.

Pembantu Dekan                     : H. M. Auliyaussofi, M.A.

Ketua  Prodi                            : Marjuni, M.PdI

Lembaga Penelitian HES:

Kepala Tata Usaha                  : MOH. MURSYID

Staf  Tata Usaha                     : IMAM  MAHFUD, SHI.

Departemen-Departemen:

  1. Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan:

Arlinta Prasetyan, M.E.Sy.

Wakil Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan:

Rifqy Tazkiyaturrohmah, M.HI

Anggota:

Nurul Fardiana, M.Pd.I

  • Ketua Departemen Pengabdian pada Masyarakat:

Octa Husna Aisyi, M.Pd.I

Wakil Departemen Pengabdian pada Masyarakat :

Drs. Ahmad Royani, M.E.Sy.

Anggota                                                                 :

Chamila Karuniawati, M.Pd.I

  • Departemen Pemberdayaan SDM  Dosen & Mahasiswa:

A’ang Yusril Musyafa’, MM

Wakil Ketua Departemen Pemberdayaan SDM  Dosen & Mahasiswa:

Nurul Fardiana, M.Pd.I

Anggota:

Imam Mahfudz, S.HI

  • Ketua Departemen Laboratorium HES:

Drs. Ahmad Royani, M.E.Sy.

Wakil Ketua Departemen Laboratorium HES:

Rifqy Tazkiyaturrohmah, M.HI

Anggota Departemen Laboratorium HES:

Nurul Fardiana, M.Pd.I

  • Ketua Departemen Hukum dan Ekonomi Syariah :

Rifqy Tazkiyaturrohmah, M.HI

Wakil Ketua Departemen Hukum dan Ekonomi Syariah:

A’ang Yusril Musyafa’, MM

Anggota Departemen Hukum dan Ekonomi Syariah:

Arlinta Prasetyan, M.E.Sy.

  • Ketua Departemen Kajian Turats dan Ilmu Falak:

Hadi Wiyono, M.HI

Wakil Departemen Kajian Turats dan Ilmu Falak:

Imam Mahfudz, S.HI

Anggota Departemen Kajian Turats dan Ilmu Falak:

Chamila Karuniawati, M.Pd.I

B. Program Kerja Departemen-Departemen:

  1. Departemen Penelitian dan Pengembangan
  2. Menjamin terselenggaranya kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa
  3. Menciptakan budaya menulis di kalangan dosen dan mahasiswa
  4. Menerbitkan Jurnal , Buletin, dan Majalah Dinding
  5. Departemen Pengabdian pada Masyarakat
  6. Bertanggung jawab pada pelaksanaan pengabdian masyrakat program studi HES
  7. Memberikan pelatihan pengabdian masyarakat di kalangan dosen dan mahasiswa
  8. Memberikan penyuluhan dan atau pelatihan kepada masyarakat di bidang Ilmu HES
  9. Pemberdayaan SDM  Dosen – Mahasiswa dan Kerjasama
  10. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah untuk dosen dan mahasiswa
  11. Menyelenggarakan kegiatan peningkatan skill, soft skill dan keterampilan lainnya yang relevan
  12. Bertanggung jawab atas terjaminnya mutu dosen dan mahasiswa program studi HES
  13. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam kerangka peningkatan mutu dosen, mahasiswa dan stake holder Program Studi HES
  14. Mengontrol kegiatan Penelitian Dosen dan Mahasiswa Program Studi HES
  15. Departemen Laboratorium HES
  16. Bertanggung  jawab atas pelaksanaan praktik di lingkungan kampus IAIRM dan atau Praktik di luar kampus bagi mahasiswa Program Studi HES
  17. Menyusun Instrumen Mutu Skill dan Softskill Dosen dan Mahasiswa Program Studi HES
  18. Departemen Hukum dan Ekonomi Syariah
  19. Menyelenggarakan Kajian-kajian Hukum
  20. Menyelenggarakan kajian-kajian Ekonomi
  21. Menyelenggarakan kajian-kajian Hukum Islam
  22. Menyelenggarakan kajian-kajian Ekonomi Islam
  23.  
  24. Departemen Kajian Turats dan Ilmu Falak
  25. Menyelenggarakan Kajian Ilmu Falak
  26. Menyelenggarakan Pelatihan Ilmu Falak
  27. Menyelenggarakan Kajian Bahtsul Masail dan Penguasaan disiplin ilmu Turats
  28. Menyelenggarakan Kajian Bahasa Arab
  29. Menyelenggarkan pelatihan Bahasa Arab
  30. Menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga lain yang relevan dengan program kerja departemen Kajian Turats dan ilmu Falak

3. FAKULTAS DAKWAH

FAKULTAS DAKWAH

Prodi: Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)

VISI: Terbentuknya Sarjana Bimbingan Dan Konseling Islam Yang Professional dan Berjiwa Pesantren.

MISI

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan pesantren
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Konseling Islam untuk membentuk konselor professional.
  3. Melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi secara efektif dan efisien

PROFIL LULUSAN

NO PROFESI BPI
1 Pembimbing-Konselor: Agama, Remaja, Keluarga sakinah, kerja/karir, sosial keagamaan, Sosial.
2 Penda’i
3 Peneliti Bimbingan dan Konseling  
4 Penyuluh: Agama, keluarga berencana (KB), Penanggulangan narkoba, sosial dan keagamaan.
5 Terapis Islam: Perawat rohani Islam (Warois) di Rumah Sakit, Terapis Kecanduan Narkoba (Inabah).

Serapan Lapangan Pekerjaan/Output Program:

  1. Kementrian Agama: Dosen, Guru Bimbingan Konseling (BK),
  2. pembimbing Agama, penyuluh Agama, Bp4,
  3. Pembimbing-konselor keluarga sakinah.
  4. Pembimbing karir(HRD).
  5. Pembimbing Mental TNI/POLRI/LAPAS/Panti Rehabilitasi.
  6. Kementrian Sosial: Penyuluh Sosial, Tenaga Sosial,
  7. Pendamping Program Sosial, IPWL. BNN/BNP/BNK: Penyuluh Anti Narkoba,
  8. Terapis Kecanduan Narkoba. BKKBN: Penyuluh Keluarga Berencana (KB),
  9. Tenaga Penggerak Desa/Keluaran, Rumah Sakit: Perawat Rohani Islam. Aktivis LSM Sosial, Motivator.

DATA DOSEN FAK. DAKWAH

No Nama Dosen Tetap NIY NIDN Tanggal Lahir
1 2 3 4 5
 1 Dra. Hj. Ummi Mahmudah, M.Ag 416188010 2023035902 23 Maret 1959
 2 Syahrudin, S.Sos.I, M.Pd. I 416188117 2112078305 12 Juli 1983
 3 Muhamad Nurois Amin, M.Pd.I 416188107 2102098701 02 September 1987
 4 Fatakhul Huda, M.PdI 416188103 2104038801 04 Maret 1988
 5 LAILATUL MUBAROKAH. M.Pd. I 416188101 2102058802 21 Maret 1988
 6 ZAKI SUAIDI, Lc. M.P 416188075 2124127502 24 Desember 1974
 7 Siti Khusnul Faizah, M.Pd 416188095 2129128703 29 Desember 1987
 8 Yuli Umro’atin, M.Pd 416188121 2119078402 19 Juli 1984

PERSONALIA

  • Dekan                           : Drs. Khudlori, M.Pd.I
  • Pembantu Dekan       : Drs. Hadi Santoso
  • Ketua Jurusan              : Syahruddin, M.Pd.I
  • Kepala Tata Usaha      : Drs. Purnomo
  • Staf  TU                      : Sugito, S.Pd.I

Departemen- Departemen

  1. Bidang Pendidikan: Muhamad Nurois Amin, M.Pd.I (Koordinator)
  2. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat: Fatakhul Huda, M.PdI (Koordinator)
  3. Bidang Penelitian Dan Publikasi: Siti Khusnul Faizah, M.Pd (Koordinator)
  4. Bidang Kerjasama: Syahrudin, S.Sos.I, M.Pd. I (Koordinator)

Video Terbaru

Berita Terbaru

HTML

Data Kampus

IAI. Riyadlatul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 311785
FAX (0352) 311785
EMAIL [email protected]