SEKILAS INFO
: - Sabtu, 16-11-2019
  • 3 minggu yang lalu / Pada tanggal, 27 oktober 2019 pkl 08.30 s.d selesai di kampus iairm akan ada kegiatan kunjungan Mahasiswa dari  Malaysia. UTHM
  • 3 minggu yang lalu / Pada tanggal, 27 oktober 2019 pkl 08.30 s.d selesai di kampus iairm akan ada kegiatan kunjungan Mahasiswa dari  Malaysia. UTHM

Fak. Syari`ah 2019

Seminar Nasional dengan tema Kewirausahaan dengan judul “create your own business, find your passion, find your purpose of live” #2019mulaiberbisnis

Mengamati fenomena pertumbuhan penduduk Indonesia dewasa ini, bahwa tingkat pertumbuhan penduduk agaknya sulit untuk dicegah, sekalipun pemerintah telah berupaya maksimal untuk menekan pertumbuhannya. Sampai saat ini penduduk Indonesia terkonsentrasi di perkotaan dengan angka 63,1% dari jumlah populasi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kecenderungan yang tinggi untuk menempati wilayah perkotaan. Hal ini bukan karena tanpa alasan, salah satu penyebabnya adalah ketersediaan lapangan kerja yang lebih banyak ditemukan di perkotaan daripada di daerah pedesaan. Padahal jika keadaan seperti ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan tidak meratanya kesejahteraan masyarakat.

Sayangnya laju pertumbuhan penduduk yang tinggi belum dibarengi dengan adanya kesempatan kerja yang luas, bahkan setiap tahunnya pengangguran cenderung bertambah. Masyarakat sering mengharapkan dan berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan formal di kantor atau instansi pemerintah. Sementara penawaran pekerjaan di sektor formal sangat terbatas. Tuntutan kualitas Sumber Daya Manusia makin lama makin tinggi dan menuntut kekhususan yang lebih sulit untuk dipenuhi. Lapangan kerja yang terbatas memaksa seseorang untuk mencari jalan lain agar bertahan hidup. Dengan melihat situasi tersebut maka sektor informal merupakan alternatif yang dapat membantu menyerap pengangguran.

Berwirausaha merupakan satu alternatif jalan keluar terbaik. Wirausaha adalah seseorang yang berkemauan keras melakukan tindakan yang bermanfaat. Wirausaha juga didefinisikan sebagai orang yang memiliki gagasan dan mengelola serta menjalankan gagasannya tersebut. Kewirausahaan adalah kemampuan menggerakkan orang-orang dan berbagai sumber daya untuk berkreasi, mengembangkan dan menerapkan solusi terhadap berbagai masalah agar dapat menciptakan makna dan memenuhi kebutuhan manusia.

Berdasarkan situasi di atas kehadiran dan peranan wirausaha tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap kemajuan perekonomian dan perbaikan pada keadaan ekonomi di Indonesia sekarang ini. menjadi wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang-peluang tersebut. Dengan meningkatnya kewirausahaan, diharapkan perekonomian di Indonesia juga meningkat.

Maka perlulah kiranya dikembangkan program-program kewirausahaan pemuda dalam rangka menurunkan angka pengangguran sekaligus menggali nilai-nilai positif, kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh kaum muda. Oleh karena itu Senat Mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo bermaksud menumbuhkan jiwa enterpreneur khususnya bagi mahasiswa dengan mengadakan Seminar Nasional dengan tema kewirausahaan yang akan disampaikan oleh Muhammad Assad salah satu tokoh enterpreneur muda di Indonesia, CEO Tamasia, beliau juga aktif menjadi pembicara pada kancah nasional maupun internasioanl.

Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian perekonomian bangsa. Karena pada dasarnya pemuda adalah penggerak perubahan bangsa yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang, sehingga pemuda harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Sudah waktunya mahasiswa mempunyai paradigma berfikir yang berbeda. Dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan berwirausaha yang dirintis sejak bangku kuliah. Dengan demikian kemampuan berwirausaha dapat terus diasah.

Video Terbaru

Berita Terbaru

HTML

Data Kampus

IAI. Riyadlatul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 311785
FAX (0352) 311785
EMAIL [email protected]