SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-10-2019
  • 3 minggu yang lalu / Seminar Parenting akan dilaksanakan besuk pada hari rabu, 21 Oktober 2019 bertempat di gedung Auditorium PP. Wali Songo Ngabar Ponorogo

STUDI LAPANGAN KEWIRAUSAHAAN

Pada hari selasa tanggal 24 September 2019, program Mata Kuliah Kewirausahaan IAIRM Ngabar Ponorogo mengadakan kegiatan kunjungan industri yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Syari`ah dan Fakultas Dakwah semester 7, Pengembangan industri merupakan satu jalur kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan dalam arti tingkat hidup yang lebih maju maupun taraf hidup yang lebih bermutu. Industrialisasi tidak terlepas dari usaha untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam serta sumber daya yang lainnya.

Dengan demikian industrialisasi sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan produktivitas tenaga manusia, menciptakan lapangan pekerjaan, misi utama dalam mata kuliah kewirausahaan.

Magetan memiliki kawasan industri yaitu kerajinan kulit yang banyak menghasilkan berbagai macam barang mulai dari sarung tangan, ikat pinggang, sandal, sepatu, tas dan barang-barang lainnya. Istilah ‘kerajinan’ berasal dari sisa-sisa jaman kolonial di Indonesia.

Seni kerajinan tergolong seni pakai, selalu dihubungkan pada sifat-sifat seperti kegunaan atau fungsi praktis yang berkaitan dengan bentuknya ataupun seni itu diciptakan hanya sebagai pelengkap keindahan dari sebuah bentuk tertentu (Gie, 1976). Pemerintah daerah kabupaten Magetan memberikan berbagai dukungan terhadap potensi industri kerajinan kulit di Selosari yang merupakan produk unggulan Magetan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan memberikan fasilitas berupa pembinaan teknis dan bimbingan teknologi/ peralatan produksi.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memberikan pendanaan atau modal. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga memberikan dukungan berupa kegiatan promosi dan pemasaran. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberikan bantuan tenaga kerja. Artinya peran pemerintah daerah Magetan sebagai penggerak utama Industri Kecil dan Menengah sudah sesuai dengan peraturan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dengan tujuan untuk memudahkan pemanfaatan potensi lokal dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Video Terbaru

HTML

Data Kampus

IAI. Riyadlatul Mujahidin Ngabar Ponorogo

NPSN : 347446868

Jl. Sunan Kalijaga, Dusun I, Ngabar
KEC. SIMAN
KAB. PONOROGO
PROV. JAWA TIMUR
KODE POS 63471
TELEPON (0352) 311785
FAX (0352) 311785
EMAIL [email protected]