Dunia Islam

Fakultas Dakwah IAIRM Ngabar Ponorogo Adakan Seminar Nasional Untuk Guru dan Orang Tua Zaman Now

ADMIN IAIRM | Senin, 05 Maret 2018 - 17:02:51 WIB | dibaca: 466 pembaca

Menyadari tantangan yang harus dihadapi guru dan orang zaman now, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin IAIRM Ngabar Ponorogo adakan seminar parenting anak usia dini dengan tema: “Tantangan dan Tuntunan Guru dan orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini di Zaman Now” Sabtu, 03/03/2018. Bertempat di gedung NBC Lt. 3 Ponpes Wali Songo Ngabar Ponorogo seminar ini dihadiri 368 peserta terdiri dari guru PAUD, guru PIAUD, mahasiswa Fak. Dakwah, dan mahasiswa Fak. Tarbiyah dari Ponorogo dan sekitarnya.

Nur Aziz Afandi, S.Pd, M.Si, dosen Universitas Trunojoyo Madura selaku pemateri dalam seminar ini memaparkan tantangan-tantangan yang harus dihadapi guru zaman now. Di satu sisi guru punya tanggung jawab untuk mendidik siswanya agar menjadi siswa yang baik, disisi lain jika ada siswa atau orang tua yang tidak terima dengan tindakan guru dalam mendidik siswa maka guru harus menanggung akibatnya. Nur Aziz memberi contoh, guru di Sampang Madura meninggal di rumah sakit akibat dipukul siswa bandel yang tidak terima wajahnya dicoret gurunya di dalam kelas. Menghadapi tantangan tersebut Nur Aziz menghimbau agar guru pandai-pandai mengontrol emosi atau perasaan saat mendidik siswa. Menurutnya ada tiga cara memperlakukan emosi atau perasaan; membiarkannya datang, mencoba menyelaminya merasakannya dengan penuh kesadaran tanpa ada penolakan, lalu melepaskannya dengan tindakan yang positif.

Sementara Deasy Indraria NS, S.Psi. M.Psi. Psikolog, Founder & CEO H3 Biro Konsultasi Psikologi selaku pembanding dalam seminar ini mengemukakan, peran orang tua zaman now dalam mendidik anak usia dini sangat mempengaruhi perilaku anak kelak jika ia sudah menginjak remaja atau bahkan dewasa. Menurutnya, orang tua harus menyadari kebutuhan dasar anak usia dini seperti rasa cinta dan kasih sayang, rasa dihargai, rasa aman, rasa kompeten, dan kebutuhan mendapatkan stabilitas dalam hidupnya. Kebutuhan dasar itulah yang hendaknya dipenuhi oleh orang tua saat mendidik anak usia dini.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIRM, Dra. H. Ummi Mahmudah, M.Ag, yang dalam sambutannya berharap melalui seminar ini para peserta dapat lebih mengenal IAIRM, dan materi yang didapat dari seminar ini bisa diterapkan di lembaga tempat mengajarnya masing-masing. (SM) 










Komentar Via Website : 43
Pengobatan Sinusitis Secara Alami
27 Maret 2018 - 10:32:48 WIB
Terima kasih, https://goo.gl/99uxZc
Cara Mengobati Benjolan Di Leher Secara Alami
14 April 2018 - 09:51:13 WIB
Terimakasih....https://goo.gl/5nsa8Y


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)