Dunia Islam

Tema Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Sedang In di IAIRM Ngabar Ponorogo

ADMIN IAIRM | Jumat, 23 Maret 2018 - 05:04:11 WIB | dibaca: 95 pembaca

Perang guru dan orang tua dalam pendidikan masih menjadi topik hangat di lingkungan Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) Ngabar Ponorogo. Terbukti dengan digelarnya kembali seminar pendidikan dengan tema “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Kurikulum Agama”, oleh Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIRM, Senin 19/3/2018 di gedung NBC Lt. 3 Ponpes Wali Songo Ngabar Ponorogo. Hadir sebagai pembicara dalam seminar pendidikan ini Dr. Ahmad Munir, MA dari IAIN Ponorogo dan Drs. H. Alwi Mudlofar, M.Pd.I, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIRM sebagai pembanding.

Sebelumnya, Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIRM Ngabar Ponorogo memandang peran guru dan orang tua dalam mendidik anak dari sudut pandang psikologi, dengan menghadirkan psikolog sebagai pembicara. Kini, giliran Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah menyoroti tema tersebut dari sudut pandang pendidikan dengan mengundang pakar pendidikan. 
 

Menurut Dr. Ahmad Munir MA, perhatian masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan saat ini masih terbatas pada aspek fisik dan fasilitas, sedangkan kurikulum kurang mendapat perhatian. Padahal kurikulum merupakan jantung pendidikan karena kurikulum membawa dan menghasilkan out come (efek jangka panjang) terhadap peserta didik. Hal ini disebabkan kepercayaan diri lembaga pendidikan yang over, sehingga merasa tidak perlu melibatkan orang tua dalam menyusun kurikulum. Sementara dari pihak orang tua merasa merasa acuh terhadap proses pendidikan sehingga kontrol terhadap pembentukan watak peserta didik kurang. 

Sementara Drs. Alwi Mudlofar, M.Pd.I selaku pembanding dalam seminar ini menyatakan, bahwa orang tua dapat turut serta dalam kurikulum salah satunya dengan cara hadir dalam pertemuan wali murid / orang tua yang diadakan lembaga pendidikan, dan menyampaikan pendapatnya dalam pertemuan tersebut.

Pembantu Rektor III IAIRM, H. Abdul Manaf yang membuka acara ini dalam sambutannya menghimbau, agar Senat Mahasiswa di lingkungan IAIRM kembali bangkit dengan aktif mengadakan kegiatan kemahasiswaan. (SM)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)