Dunia Islam

IAIRM NGABAR PONOROGO BERPARTISIPASI DALAM THE 3rd ICON-UCE 2018

IAIRM | Kamis, 11 Oktober 2018 - 17:15:00 WIB | dibaca: 86 pembaca

Setelah dinyatakan lolos seleksi kategori Pemakalah Direkomendasi dengan judul "Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bulan Ramadhan 1439 H / 2018 M Mahasiswa Institut Agama Islam Riyadlatul Mujahidin (IAIRM) Ngabar Ponorogo Di Desa Tambang Kecamatan Pudak Ponorogo" perwakilan IAIRM ikut berpartisipasi dalam The 3rd International Conference On University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, bertempat di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 8-10 Oktober 2018.

Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin ini sekaligus merupakan launching aplikasi MoraBAse, Bank Article System untuk memudahkan publikasi hasil penelitian dengan menghubungkan peneliti dan pengelola jurnal, dan MORAREF, Ministry of Religious Affairs Reference, sebuah lembaga pengindeks jurnal ilmiah yang terfokus pada studi Islam klasik, kontemporer, dan integratif yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Lukman Hakim berharap agar hasil research tidak hanya menghiasi rak-rak perpustakaan tanpa ada yang menyentuh. Lukman Hakim menekankan agar seluruh research yang dihasilkan oleh peneliti betul-betul melahirkan temuan baru yang memungkinkan orang-orang termarjinalisasi yang sebelumnya tidak pernah ikut terlibat dalam pembangunan menjadi terlibat dan punya peran dalam pembangunan. Karena menurutnya, betapa berbahayanya jika research yang merupakan landasan perubahan tetapi tidak melibatkan masyarakat dalam perubahan tersebut. Untuk itu keterlibatan masyarakat dalam hasil research menjadi mutlak, dan semua ikhtiar para peneliti harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain ada 3 plenary session dan 4 panel dalam conference yang diadakan tiap dua tahun sekali ini, juga digelar klinik pengabdian masyarakat yang dimotori oleh KOMPAK serta klinik jurnal pengapdian masyarakat pada hari ke-tiga 10 Oktober 2018. (SM)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)